Home / Uncategorized / Polres Ternate Laksanakan Pengecekan dan Pemberian Pembekalan Kepada Calon Siswa Polri

Polres Ternate Laksanakan Pengecekan dan Pemberian Pembekalan Kepada Calon Siswa Polri

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate. Satuan Fungsi SDM Polres Ternate dibawah pimpinan Kabag Sumda AKP Masyur S. Putra melaksankaan Apel Pengecekan Calon Siswa Bintara Polri Tahun Anggaran 2018 yang bertempat di Lapangan Apel Mapolres Ternate Kel. Takoma Kec. Ternate Tengah. (Kamis, 19/7/2018).

Para Calon Siswa Bintara Polri Tahun Anggaran 2018 Polda Maluku Utara dengan jumlah sebanyak 203 yang terdiri dari 193 Calon Siswa Polisi Laki-Laki dan 10 Calon Siswa Polisi Perempuan.

Setelah melaksanakan Apel Pengecekan, Para Calon Siswa Bintara Polri ini melaksanakan kegiatan Pembekalan Fungsi Samapta yang diberikan langsung oleh Kasat Samapta Polres Ternate AKP M. Amin Abubakar di Lapangan Apel Mapolres Ternate.

Dalam Pembekalannya, Kasat Samapta menyampaikan kepada Para Calon Siswa Bintara Polri untuk menjadi Polisi yang teladan dari sekarang harus memotivasikan diri untuk berbuat yang baik hindari perbuatan yang dapat merusak masa depan dan juga selalu tingkatkan disiplin dalam diri, baik disiplin dalam aktifitas sehari-hari maupun disiplin waktu.

Selanjutnya, Kasat Samapta mengajak Para Calon Siswa Bintara Polri untuk selalu menjaga Sifat, Sikap, dan Perilaku sehari-hari dalam bergaul, “Kalian sudah menjadi bagian dari Polri, maka jaga betul nama baik diri sendiri maupun Instansi polri di tengah-tengah masyarakat, Polisi muda seperti kalian merupakan penerus perjuangan dan harapan Polri untuk mewujudkan Polri yang semakin baik dan baik lagi, Harapan besar Polri ada pada kalian sebagai penerusnya.” Ucapnya.

Kasat Samapta kemudian menyampaikan sedikit tentang tugas Satuan Samapta di lapangan sebagai pelindung, Pengayom serta Pelayan Masyarakat. Samapta tersebut merupakan Satuan Polri yang senantiasa siap siaga untuk menghindari dan mencegah terjadinya ancaman ataupun bahaya yang merugikan masyarakat dalam upaya mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat”.

Fungsi Samapta merupakan sebagian Fungsi Kepolisian yang bersifat preventif. Fungsi Samapta meliputi pelaksanaan tugas polisi umum, menyangkut segala upaya pekerjaan dan kegiatan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Patroli, pengamanan terhadap hak Penyampaian Pendapat Dimuka Umum (PPDU), Pembinaan polisi pariwisata, SAR terbatas, TPTKP, TIPIRING, Pengendalian Massa ( Dalmas ), Negosiasi, pengamanan terhadap proyek vital / obyek vital, dan Pertolongan dan Penertiban Masyarakat. (ds)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *