Home / INFORMASI TERBARU / Jelang Pemilu 2019, Polres Ternate Terima Kunjungan dari Puslitbang Polri

Jelang Pemilu 2019, Polres Ternate Terima Kunjungan dari Puslitbang Polri

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Untuk Mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun ini, Kepolisian Resor Ternate melaksanakan kegiatan Penelitian oleh Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri yang mengusung tema “Standarisasi Peralatan Personil Polri Untuk Mengamankan TPS Guna Mengsukseskan Pemiluh Yang Aman” yang bertempat di Ruang TMCC Polres Ternate, Senin,(11/02/19) pukul 14.00 Wit.

Kegiatan Penelitian ini dipimpin oleh tim peneliti dari Puslitbang Polri Kombes Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si.(Sespuslibang Polri), Drs. Mansyuri Imron, M.A (peneliti utama LIPI) , Ahmad Munif, SH, M.Si.(Kasubbid Bekum Bidrikwastu Puslitbang Polri) dan Mulyanto, SE (Ps Paur Pal Bidrikwastu Puslitbang Polri).

Hadiri dalam kegiatan penelitian yaitu Waka Polres Ternate KOMPOL Jufri Dukomalamo, Kabag Ops Polres Ternate AKP Ishak Tanlain, Kabag Sumda Polres Ternate AKP Mansur S Putra, Kasat Intelkam Polres Ternate AKP Saiful Egal, Kasat Reskrim Polres Ternate AKP Randhir Prakarana DG, M.Si, KBO Samapta Polres Ternate IPTU Purnomo, Perwakilan KPU dan KPPS 4 orang, Perwakilan pemilih 4 orang, Tokoh Masyarakat 4 orang dan Persornil serta jajaran Polsek 12 orang.

Dalam kenjungannya, Pembina Utama Drs. Masyuri Imron, MS selaku Peneliti Utama – LIPImenyampaikan bahwa tujuan dari kedatangan Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri ini terkait dengan Standarisasi Peralatan Personil Polri untuk Pengamanan Tempat Pemungutan Suara pada Pilpres dan Pileg tahun 2019 ini sekaligus mengecek secara langsung tentang standarisasi perlengkapan untuk pengamanan pemilu nantinya.

Dilanjutkan oleh Kabag Ops Polres Ternate AKP Ishak Tanlain menjelaskan bahwa untuk Peralatan Petugas pengamanan TPS kami siapkan Petugas dengan seragam lengkap disertai tongkat T serta Borgol. Selain itu, Petugas yang terlibat pengamanan di Pulau-Pulau juga terjun langsung ke TPS yang di angkut menggunakan truk sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan.

Diakhir kata, Waka Polres Ternate menyampaikan bahwa untuk Pengalaman kita di Kota Ternate ini terkait peralatan Petugas tetap selalu dilengkapi dan wilayah pengamanan juga terbagi yaitu wilayah standar dan wilayah rawan. Untuk jenis angkutannya Petugas yang melaksanakan pengamanan di dalam Kota Ternate menggunakan kendaraan pribadi dan yang di pulau-pulau biasanya kita sesuaikan dengan anggaran Pengamanan.

“Alat komunikasi di setiap TPS kami bekali Petugas pengamanan dengan Handy Talky (HT) selain itu sistem pelaporannya dikirim via Whatsapp Grup yang akan dikompulirkan di Posko,” jelas Waka Polres Ternate.

Daerah rawan seperti Pulau Batang Dua dikarenakan jauh dari jangkauan dan sinyal serta cuaca yang selalu tidak menentu maka kami percepat pegeseran Kotak Suara apabila telah selesai tahapan pemilihan. Jumlah Petugas kita siapkan 1 sampai 2 Petugas Kepolisian,kemudian Petugas Linmas biasanya 2 sampai 3 orang. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published.