Home / INFORMASI TERBARU / Signifikansi Pengawasan Pelabuhan Terhadap Pelaksanaan Rutinitas Kapal di Kota Ternate

Signifikansi Pengawasan Pelabuhan Terhadap Pelaksanaan Rutinitas Kapal di Kota Ternate

Ternate -Rutinitas hilir-mudik pelabuhan merupakan hal yang amat penting untuk selalu diperhatikan. Sesuai dengan penerapan international Ship and Port Facility Security (ISPS) Code di Indonesia. Kode keamanaan terhadap kapal dan pelabuhan didefiniskan sebagai aturan yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan. Dan hal tersebut sudah menjadi komitmen Direktorat Perhubungan laut.

Menjadi provinsi kepulauan, transportasi Transportasi laut yang mengangkut penumpang baik yang bersifat domestik maupun internasional, termasuk kunjungan kapal pesiar yang membawa turis asing ke Indonesia saat ini menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun.

Mendukung hal tersebut, Kepolisian Daerah Maluku Utara melalui anggota personel KP3 Ahmad Yani melakukan pengamanan dan pengawasan kedatangan maupun keberangkatan kapal dari berbagai macam pelabuan baik dalam pulau maupun luar pulau.

Pengawasan mulai dari  jumlah penumpang beserta barang bawaan memang menjadi fokus kepolisian. Tak heran ada-ada saja penumpang yang kedapatan membawa miras dan langsung diamankan oleh petugas.

Seperti yang ditemukan oleh Bripka Muhammad Risal. Ia menemukan miras jenis cap Tikus dalam kemasan botol berjumlah 24 botol dalam K.M. Indah Sari yang datang dai Pelabuhan Manado.

Sekecil apapun gangguan keamanan yang terdapat di pelabuhan akan lambat laun akan mnejadikan perasaan was-was masyarakat jika tidak segera ditindaklanjuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *