Home / INFORMASI TERBARU / Polsek Ternate Selatan Rilis Kasus Pelaku Pembuat Uang Palsu

Polsek Ternate Selatan Rilis Kasus Pelaku Pembuat Uang Palsu

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Polsek Ternate Selatan melaksanakan press release terkait kasus uang palsu yang bertempat di depan ruang TMCC Polres Ternate pada hari Kamis,(11/4/19) pukul 14.00 wit.

Dari hasil release, terduga pembuat dan pengedar uang palsu ini berhasil ditangkap bermula saat petugas mendapat informasi dari warga setempat, bahwa ada peredaran uang palsu di kawasan kelurahan Kalumata.

Pelaku berinisial JB merupakan sarjana S1 lulusan salah satu kampus ternama di Kota Ternate jurusan geologi.

Setelah mendapati informasi tersebut, Petugas langsung menuju lokasi untun mencari tahu kebenarannya dan mengamankan tersangka JB.

Kapolsek Ternate Selatan AKP Catur Erwin Setiawan, S.IK mengatakan saat mengamankan tersangka JB petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa uang palsu seniali 1,8 juta pecahan Rp, 100.000,- serta satu (1) biah laptop dan printer yang digunakan tersangka untuk mencetak uang palsu tersebut.

“Uang palsu ini dibuat sendiri dengan menggunakan mesin printer dan laptop dan ia sudah melakukan aksinya ini sejak bulan Desember 2019,” ucap Kapolsek.

Kapolsek juga menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku membuat uang palsu melalui internet dengan modus tersangka mengambil contoh dari internet setelah itu baru diedit mengunakan laptop dan diprint menggunakan kertas HVS dan dibelanjakan di warung-warung.

Tersangak dijerat  pasal 244 dan 245 KUHP Pidana dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. “Kepada masyarakat Kota Ternate saya menghimbau apabila ada masyarakat yang menjadi korban uang palsu, maka segera melapor ke Polsek Ternate Selatan untuk segera kami tindak lanjuti dengan cepat. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *