Home / Uncategorized / Penanaman Pohon Serentak, Polres Ternate Tanam 701 Bibit Pohon Pala Dan Cengkeh Yang Tersebar Di Sejumlah Tempat

Penanaman Pohon Serentak, Polres Ternate Tanam 701 Bibit Pohon Pala Dan Cengkeh Yang Tersebar Di Sejumlah Tempat

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Sejak edaran Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz terkait Polisi peduli lingkungan dengan menanam pohon yang dilaksanakan serentak pada jumat,(10/01/2020), Kepolisian Resort (Polres) Ternate sudah menanam sebanyak 701 bibit pohon pala dan cengkeh yang tersebar di wilayah Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda mengatakan untuk penanaman pohon yang dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran Polri termasuk pada hari ini Polres Ternate juga turut melakukan penanaman bibit pohon.

Untuk Polres Ternate sendiri sudah memasuki hari ke-5 h telah melakukan penanaman sebanyak 701 bibit pohon pala dan cengkeh yang secara bersama dilakukan penanaman di Polsek jajaran yang ada di Kota Ternate.

Dari 701 bibit pala dan cengkeh ini terbagi untuk Polres Ternate sendiri yang sudah ditanam sebanyak 287 bibit pohon, disusul untuk Polsek Ternate Utara sebanyak 125 bibit pohon, Polsek Ternate Selatan sebanyak 97 bibit pohon, Polsek Pulau Moti sebanyak 92 bibit pohon, Polsek Pulau Ternate sebanyak 85 bibit pohon dan Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate sebanyak 15 bibit pohon dengan jumlah total bibit pohon pala dan cengkeh yang di tanam Polres Ternate sebanyak 701 pohon.

Kapolres menyampaikan bahwa sudah dilakukan penanaman diseluruh lokasi yang ada di Kota Ternate diantaranya di mako Polres, mako Polsek, asrama Polisi sekolah, pasantren, kantor Camat, kantor Kelurahan, benteng orange, pelabuhan dan di bandara. Tentu ini sebagai awal dari Polri kedepan khususnya Polres Ternate akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate dan instansi lainya agar sama-sama untuk kita menanam pohon di wilayah Kota Ternate yang lokasi tanahnya masih terlihat kosong  agar disisipkan pohon untuk ditanam.

“Sekarang kami fokus menanam bibit pala dan cengkeh,” kata Kapolres.

“Karena untuk Kota Ternate sendiri merupakan Kota dengan ciri khas budaya yakni sebagai Kota rempah tentu dengan niat saya maka akan saya melakukan penghijaun dengan menanam pohon pala dan cengkeh diseluruh lokasi kosong yang ada di Kota Ternate,”tutur Kapolres.

Namun sekarang masih bertahap tentu ini akan terus berlanjut hingga kedepan karena sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota untuk melakukan penanaman.

Kapolres menambahkan, bibit pohon yang sudah di tanam ini nanti akan dikontrol oleh masing-masing Polsek jajaran lebih khususnya itu Bhabinkamtibmas yang akan terus kontrol melihat jika ada yang mati maka dilaporkan dan segera untuk ditanam kembali hingga pohon yang ditanam tumbuh besar.

“Nanti Bhabinkamtibmas yang akan mengontrol terus tanaman yang sudah kita tanam,” pungkasnya. (rn/ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *