Home / INFORMASI TERBARU / Menjadi Narasumber TNI-AL, Waka Polres Sampaikan Mekanisme Bantuan TNI Kepada Polri

Menjadi Narasumber TNI-AL, Waka Polres Sampaikan Mekanisme Bantuan TNI Kepada Polri

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Waka Polres Ternate KOMPOL Jufri Dukomalamo menjadi narasumber pada kegiatan Pelatihan Personil TNI-AL dengan materi Tehnik Prosedur dan Mekanisme Permintaan dan Pemberian Bantuan TNI kepada POLRI yang bertempat di Aula Sultan Khairun Lanal Ternate hari Rabu,(30/01/18) pukul 08.00 Wit.

Waka Polres menjelaskan bahwa pada tahun 2013 lalu, MoU tentang perbantuan TNI kepada POLRI yang ditandatangani oleh Panglima TNI yang saat itu dijabat oleh Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kapolri yang dijabat oleh Jenderal Polisi Timur Pradopo bahwa lingkup perbantuan TNI kepada Polri diantaranya yaitu menghadapi unjuk rasa maupun mogok kerja, kerusuhan massa, menangani konflik sosial, kelompok kriminal bersenjata dan mengamankan kegiatan masyarakat atau pemerintah yang bersifat lokal, nasional maupun internasional yang mempunyai kerawanan.

Ditambahkan juga bahwa MoU perbantuan TNI kepada Polri tahun 2013 itu tak lepas dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri yaitu dalam keadaan tertentu ketika menjalankan tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri dibantu oleh TNI, lembaga atau kementerian terkait, dan pemerintah daerah.

Diakhir kata, Waka juga menjelaskana untuk bantuan dari unsur TNI diberikan dan digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri dalam rangka mencegah dan menanggulangi gangguan atau ancaman Kamtibmas. Dalam hal ini maka bantuan TNI dilaksanakan dalam bentuk operasi militer selain perang, baik dalam bentuk operasi pencegahan maupun dalam bentuk operasi penindakan. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *