Home / INFORMASI TERBARU / Membangun Budaya Tertib Lalu Lintas Melalui Hypno Traffic dan ESQ Riding

Membangun Budaya Tertib Lalu Lintas Melalui Hypno Traffic dan ESQ Riding

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Dalam rangka membangun budaya tertib Berlalu Lintas di Kota Ternate, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK bekerja sama dengan Jasa Raharja Kota Ternate menggelar Traning Motivasi Revolusi Mental di Jalan Raya melalui HypnoTraffic dan ESQ Reding.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu,(17/11/19) pukul 09.00 wit yang bertempat di Aula Polres Ternate oleh Pusat Training dan Motivasi Thanks Institute Indonesia.

Hadir pada kegiatan ini Karo SDM Polda Malut Kombes Pol Satriya Yusada, S.IK, Kepala Jasa Raharja Malut Aceng Widayat, SE, Founder Motivator Nasional peraih rekor Muri tahun 2005 dan Lembaga Prestasi Dunia Indonesia (LEPRD) Ketut Abid Hamili, S.Pd.i, M.Pd. C.Ht, Direktur LSM Rorano Maluku Utara Asgar Saleh, Para Siswa/i Sekolah Tingkat SLTA, SMA dan Mahasiswa, Sat Brimob dan Sabhara Polda Malut, Kodim 1501 Ternate, Lanal Ternate, Satpol PP Kota Ternate, GP Ansor Ternate, Pengurus Bhayangkari dan Persit Kodim 1501 Ternate, BKMT Ternate dan Personil Polres Ternate .

Pada kesepatan tersebut, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S,IK menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Ternate dengan Jasa Raharja ini merupakan kegiatan yang pertama kali kami laksanakan dalam hal memberikan training dan motivasi Revolusi Mental di Jalan Raya melalui HypnoTraffic dan ESQ Reding yang bekerja sama dengan Thanks Institute Indonesia dari jawa timur.

Kegiatan ini kami selenggarakan karena setelah dilaksanakannya operasi-operasi terkait lalu lintas di ternate, ada sekitar 200 lebih pelanggar lalu lintas khusus di Kota Ternate saja, “sehingga saya berinisiatif harus ada sesuatu yang dilakukan dengan cara yang berbeda maka dari itu perlu adanya metode baru dalam rangka untuk membangun budaya tertib berlalu lintas di Kota Ternate,”tutur Kapolres.

Ia menambahkan, bahwa budaya tertib lalu lintas itu sendiri merupakan bagian dari sebuah peradaban. Upaya membangun tertib lalu lintas adalah upaya untuk membangun peradaban bangsa yang modern karena kalau kita mau melihat karakter seseorang maka lihatlah dari cara ia berlalu lintas dijalan. Oleh sebab itu, budaya tertib berlalu lintas harus kita budayakan dari sekarang.

Kapolres menambahakan bahwa salah satu program Presiden yaitu membangun SDM Unggul, dan pada hari ini kita sudah melakukan langkah bagaimana membangun SDM yang Unggul melalui perubahan karakter yaitu karakter dalam berlalu lintas dijalan.

“sekecil apapun pelanggaran lalu lintas tapi itulah sejatinya diri anda yang sebenarnya, itulah karakter diri anda sebenarnya. Contoh kecilnya dengan sering menerobos lampu merah artinya anda suka melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang apabila tidak dilihat orang,” ucap Kapolres.

Diakhir kata Kapolres menyampaikan betapa pentingnya tertib berlalulintas, setelah mendengarkan materi yang disampaikan semoga para peserta ini sadar akan pentingya tertib lalulintas dan bisa menjadi duta-duta Pelopor berlalulintas dan bisa mempenggaruhi orang lain untuk tertib berlalulintas.

“Budaya tertib berlalulintas ini adalah bagian dari sebuah pradapan sehingga kami berusaha membangun pradapan di Kota Ternate dalam budaya tertib berlalulintas. Mari kita berubah dari hal yang paling kecil, dari diri sendiri dan dari sekarang juga. Tidak aka nada perubahan dari diri seseorang dengan sikap yang tidak berubah,” tutupnya.

Selanjutnya, kegiatan ini berlangsung 2 sesi, yaitu sesi pertama yang diikuti oleh para pelajar dan generasi muda dan sesi kedua yaitu para mahasiswa, lsm dan organisasi-organisasi.

Kegiatan Traning Motivasi Revolusi Mental di Jalan Raya melalui HypnoTraffic dan ESQ Reding ini berlangsung dengan penuh hikmah, dimana pemateri yaitu bapak Ketut Abid Hamili, S.Pd.i, M.Pd. C.Ht memberikan materi terkait dengan berlalu lintas dengan baik yang disertakan dengan film singkat tentang kecelakaan lalu lintas dijalan raya dan ditutup dengan tangisan air mata haru oleh para peserta training. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *