Home / BERITA SATUAN BAG OPS / KESBANGLINMAS KOTA TERNATE SOSIALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM

KESBANGLINMAS KOTA TERNATE SOSIALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM

Ternate – Pemilihan Umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis. Pemerintahan yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah.  Oleh karena itu, diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kualitas Pemilu.

Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 ini memiliki nilai yang sangat strategis dan penting mengingat sudah dekatnya pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ini merupakan sebagai landasan hukum dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019. Karena itu, kualitas pemilu bergantung pada sejuhmana undang-undang ini disosialisasikan dengan baik kepada penyelenggara pemilu dan stake holder terkait lainnya.

Kesbanglinmas Kota Ternate bertempat di Ballroom Muara Hotel, Kel. Gamalama Kec. Kota Ternate Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dengan mengusung tema “Mewujudkan Pelaksanaan Pemilihan Umum yang Berkualitas dan Bermartabat”.

Ketua panitia pelaksana dalam sambutannya mengatakan bahwa  maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan penyamaan persepsi semua pihak tentang UU nomor 7 Tentang Pemilihan Umum serta meningkatkan pasrtisipasi Publik pada pemilihan Kepala Daerah, Pemilihan DPR dan DPD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik, dimana pada tahun ini maluku Utara juga termasuk dalam pesta pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, serta ditahun 2019 nanti akan ada pemilihan legislatif dan Pilpres akan dilaksanakan, maka harapan kami semoga pelaksanaan ini dapat berjalan dalam keadaan aman dan nyaman”. Sambut Sekda Kota Ternate.

Dalam giat tersebut materi yang disampaikan secara umum yakni hal-hal mengenai Pemilu, penyusunan daftar pemilu, pencalonan, kampanye pemilu, hari pemungutan suara, peran pemerintah dan pemda, potensi permasalahan pada pemilu dan hal lainnya yang berkenaan dengan pemilu. Giat usai pukul 14.10 WIT dalam situasi yang aman dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *