Home / INFORMASI SATUAN NARKOBA / Kapolres Ternate Pimpin Press Releasse Kasus Narkoba Periode 3 Bulan, Himbau Masyarakat Peran Aktif Berantas Narkoba

Kapolres Ternate Pimpin Press Releasse Kasus Narkoba Periode 3 Bulan, Himbau Masyarakat Peran Aktif Berantas Narkoba

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK memimpin Press Releasse yang digelar oleh Satuan Narkoba Polres Ternate terkait kasus Narkoba selama 3 bulan yaitu dari bulan Januari sampai bulan Maret 2019 yang bertempat di Lobby Polres Ternate hari Selasa,(12/3/19) pukul 14.00 Wit.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ternate menyampaikan bahwa Press Releasse yang dilaksanakan oleh Polres Ternate ini terkait kasus Narkoba yang telah ditangani selama bulan Januari sampai bulan Maret 2019 dengan jumlah kasus sebanyak 4 kasus diantaranya 3 kasus Shabu dan 1 kasus Ganja dan dari 4 kasus ini terdapat 5 orang Tersangka.

Kapolres menjelaskan bahwa dari 5 tersangka ini inisial kasus Shabu diantaranya IUS (36) alias Balo, RT (35) alias Puput, YHJ (30) alias Yus, R (31) alias Ical dan tersangka kasus Ganja yaitu ATA (31) alias Idfi. Untuk Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah Ternate Utara 1 kasus, Ternate Tengah 1 kasus dan Ternate Selatan 2 kasus serta pasal yang disangkakan dari 4 LP ini untuk kasus Shabu pasal 112 dengan hukuman penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun, selanjutnya pasal 114 hukuman penjara paling singkat 5 (lima) tahun paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pasal 127 hukuman penjara paling singkat 1 (satu) tahun paling lama 4 (empat) tahun. Sedangkan untuk kasus Ganja pasal yang kami terapkan yaitu pasal 111 dengan hukuman penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun, pasal 114 hukuman penjara paling singkat 5 (lima) tahun paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pasal 127 hukuman penjara paling singkat 1 (satu) tahun paling lama 4 (empat) tahun.

Ditambahkan juga untuk barang bukti (BB) Ganja yang berhasil kami sita 28 sachet ukuran sedang (25,3 gram) dan 1 sachet ukuran besar (10,4 gram) dengan total 35,7 gram Ganja dan sementara masih di laboratorium forensik Makassar. Untuk Shabu totalnya 0,78 gram beserta 3 (tiga) unit Handphone dan 1 buku tabungan. Barang bukti Shabu dipasok dari Makassar dan untuk Ganja dipasok dari Papua.

Kapolres juga menjelaskan bahwa disamping 4 Kasus ini selama periode bulan Januari kami juga melakukan penangkapan terhadap 5 orang namun tidak menemukan barang bukti namun dari hasil tes urine Positif sehingga ke 5 orang tersebut kami serahkan ke BNN Maluku Utara untuk dilakukan asesment dengan inisial A (36) alias amar, FT (36) alias aji, RI (21) alias saldi, RS (20) alias rahmat dan AA (28) alias angga.

“mengingat para Tersangka kasus Narkoba ini merupakan para pemain baru maka untuk menghindari semakin maraknya kasus Narkoba di Kota Ternate Polres Ternate dan Polda Maluku Utara sedang gencar-gencarnya untuk melakukan penanganan terhadap kasus Narkoba,” tutur Kapolres.

Diakhir kata, Kapolres menghimbau kepada masyarakat Kota Ternate bahwa sekarang kita harus betul-betul hati-hati terhadap lingkungan sekitar dan lingkungan keluarga kita jangan sampai anggota Keluarga kita turut serta pengguna Narkotika.

“saya harapkan kita sama-sama bergerak untuk membasmi Narkoba di Kota Ternate. Apabila ada masyarakat yang mengetahui Keluarganya sebagai pengguna silahkan melaporkan untuk kita tindak lanjuti agar di Assesment di BNN Maluku Utara dan apabila mengetahui ada transaksi Narkoba SILAHKAN SEGERA LAPORKAN KE Pihak Kepolisian sehingga dapat segera kami tindak lanjuti,” harap Kapolres.

“upaya-upaya yang masyarakat lakukan ini merupakan peran aktif dari masyarakat sebagai gerakan bersama kita untuk membasmi Narkoba di Kota Ternate ini,” tutup Kapolres. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *