Home / INFORMASI TERBARU / Kapolres Ternate Menjadi Pembicara pada Kegiatan Leadership Basic Treaning (LBT) Pelajar Islam Indonesia Kota Ternate

Kapolres Ternate Menjadi Pembicara pada Kegiatan Leadership Basic Treaning (LBT) Pelajar Islam Indonesia Kota Ternate

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . untuk kesekian kalinya, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK memberikan materi kepada para Pelajar Islam Indonesia (PII) Kota Ternate dengan Tema Case Moral Generasi Muda pada hari Kamis,(4/7/19) pukul 10.30 wit.

Kegiatan Leadership Basic Treaning (LBT) yang dilaksankan oleh PII Kota Ternate ini bertempat di Sekretariat PII Kota Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan yang juga diikuti oleh Kasubag Humas Polres Ternate IPDA Wahyudin.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK memulai membawakan materi dengan ice breaking dalam rangka untuk mencairkan suasana dan membangun hubungan emosional yang positif antara pemberi materi dengan peserta pelatihan. Selanjutnya Kapolres menerangkan filosofi dalam belajar serta menyampaikan siklus belajar dari pengalaman. Tentunya hal ini menjadi pengalaman baru bagi peserta dan terlihat peserta sangat serius mendengarkan penjelasan Bapak Kapolres.

Materi selanjutnya Kapolres mengajak peserta untuk melakukan diskusi kelompok dengan jenis LGD (leaderless grup discussion/grup diskusi tanpa pemimpin) yang mana masing-masing kelompok diberikan sebuah lembaran kutipan berita tentang maraknya miras di Kota Ternate.

Kapolres meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan persoalan miras dan apa yang bisa dilakukan oleh Kader-kader PII untuk membantu menanggulangi miras di Kota Ternate khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa. Saat masing-masing kelompok berdiskusi, Kapolres mengamati dengan saksama proses diskusi yang dilakukan oleh setiap kelompok, baik perilaku masing anggota kelompok maupun jalannya diskusi. Selesai diskusi, Kapolres meminta untuk masing-masing kelompok memaparkan hasil diskusinya dihadapan seluruh peserta pelatihan.

Selanjutnya Kapolres menjelaskan kepada peserta bahwa yang dilihat dan diamati oleh Kapolres dalam diskusi yang sudah dilakukan oleh masing-masing kelompok adalah segala sesuatu yang terjadi selama diskusi, antara lain siapa yang punya inisiatif untuk menjadi moderator, siapa yang dengan sukarela menjadi notulen, siapa yang banyak menyampaikan pendapat, dll yang titik beratnya adalah kepada sikap perilaku atau keperibadian setiap orang yang ada dalam kelompok.

Dalam sebuah LGD, ada beberapa aspek yang dilihat diantaranya cara berkomunikasi, inisiatif, berpikir analitis, pengambilan keputusan, kerja sama, stabilitas emosi dan yang terakhir adalah penyesuaian diri. “Seorang yang berjiwa pemimpin akan terlihat dalam sebuah diskusi dengan model LGD dan tentunya, Adik-adik peserta pelatihan bisa belajar’, ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa ada tiga hal titik berat dari tindakan seorang pemimpin, yakni menyelesaikan tugas, membina kelompoknya dan mengembangkan kemampuan perorangan/bawahannya.

Diakhir kata, Kapolres memberikan nasehat yaitu berusahalah melakukan hal-hal biasa dengan cara yang luar biasa. “Kita harus punya nilai tambah dari orang lain agar kita bisa sukses dan menjadi orang yang bernilai, nilai tambah itu bisa berupa pengetahuan, keterampilan maupun sikap perilaku”, ujar Kapolres.

Kapolres juga berharap materi yang sudah disampaikan kepada para peserta LBT PII Kota Ternate dapat diterima dengan baik dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari, “Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua, pesan saya jangan berhenti menyampaikan kebaikan kepada orang lain, dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun’, harapnya.

Coming Soon
APAKAH LAYANAN KAMI SUDAH MEMUASKAN
APAKAH LAYANAN KAMI SUDAH MEMUASKAN
APAKAH LAYANAN KAMI SUDAH MEMUASKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *