Home / INFORMASI TERBARU / Kapolres Ternate Beri Arahan Pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Kapolres Ternate Beri Arahan Pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK menghadiri kegiatan Sosialisai Pendidikan Politik Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota Legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Kota Ternate dengan tema Membangun Sinergitas Mewujudkan Pemilu yang Bermartabat  yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Ternate bertempat di Aula kantor Walikota Jl. Pahlawan Revolusi Kel. Muhajirin Kec. Ternate Tengah. Sabtu, (29/9/18).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi yaitu Walikota Ternate DR. Burhan Abdurahman SH, MM,  Ka Kesbangpol Kota Ternate  Abdullah Sadik, S. IP, M. SI, Kasdim 1501/Ternate Mayor Inf. Anton Santroni, Kabagops Polres Ternate  AKP Ishak Tanlain, Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan S.Pd, Ketua KPU Kota Ternate  Ismad Sahupala, SE, Camat, Lurah sekota Ternate.

Dalam sosialisasi,  Walikota Ternate DR. Burhan Abdullrahman, SH, MM menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan umum saat ini sudah memasuki tahapan awal. Pemilu tahun 2019 untuk pertamakalinya dilaksanakan serentak, untuk itu dengan pengalaman para camat dan lurah yang sudah menghadapi pemilihan sebelumnya merupakan modal untuk pelaksanaan pemilu 2019 agar berjalan dengan aman dan sukses.

Seluruh stekholder yang terlibat agar selalu menjaga sinergitas dan selalu melakukan koordinasi yang baik agar pelaksanaan pemilu di Kota Ternate berjalan aman dan lancar serta tidak ada permasalahan baik saat pelaksanaan pemilu maupun paskah pelaksanaan pemilu 2019, Tps yang ada di Kota Ternate berjumlah  592. Diharapkan kepada pihak penyelenggara agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, untuk itu pada sosialisasi yang akan dilaksanakan ini apabila ada yang kurang dipahami oleh camat dan lurah agar ditanyakan sehingga jelas.

Dilanjutkan oleh Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK) menambahkan bahwa agar pelaksanaan Pilkada 2019 nanti berjalan dengan aman dan damai maka kita harus bersinergi satu sama lain, Netralitas dan integritas oleh pihak terkait, juga bersinergi antara pemerintah dan penyelenggara Pilkada untuk menciptakan kondisi yang lebih baik lagi dari pilkada-pilkada sebelumnya .

Kepada para Kepala Daerah sampai ke tataran lurah dan Kades harus wajib berperan aktif membantu pihak penyelenggara, pengawas dan aparat keamanan untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu 2019 yang berkualitas dan bermartabat.

“Yang kita utamakan adalah upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga perlu mengoptimalkan peran 4 Pilar Kamtibmas yaitu Intelijen, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah atau Kades, sehingga permasalahan kamtibmas dapat dengan segera dipantau dan diredam sejak dini sebelum menjadi besar dan berdampak luas.” Jelas Kapolres.

Polri adalah alat negara, sehingga wajib hukumnya untuk netral, termasuk TNI dan ASN, dan hal ini sudah ditegaskan oleh Kapolri, Panglima TNI dan Mendagri pada saat Video Conference beberapa hari yang lalu. Sinergitas antara Polri, TNI, KPU, Bawaslu, Pemda dan unsur terkait lainnya menjadi keharusan dalam rangka terwujudnya Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

Untuk meningkatkan cegah dini dan quick reaponse penanggulangan gangguan Kamtibmas, maka Pihak Kepolisian Resor Ternate telah membuat aplikasi SIPALA yang sudah bisa diinstal oleh masyarakat Kota Ternate di HP android, sehingga dengan cepat kita bisa mengatasi gangguan Kamtibmas yang terjadi.   (ds).

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *