Home / Uncategorized / KAPOLDA MALUKU UTARA HADIRI PELAYANAN PSIKOLOGI TERHADAP ANAK TERDAMPAK COVID-19 SECARA VIRTUAL

KAPOLDA MALUKU UTARA HADIRI PELAYANAN PSIKOLOGI TERHADAP ANAK TERDAMPAK COVID-19 SECARA VIRTUAL

Pelaksanaan Pelayanan Psikologi Terhadap Anak Terdampak Covid-19 yang dilaksanakan secara Serentak Seluruh Indonesia dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, secara virtual bertempat di Lapangan Lemdiklat POLRI, Ciputat, Jakarta Selatan, Selasa (2/11) kemarin.

Di Maluku Utara Pelayanan Psikologi Terhadap Anak Terdampak Covid-19 dihadiri oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K., didampingi oleh PJU Polda Malut dan Korem 152/Babullah bertempat di Mako Sat Brimobda Kel. Akehuda Kec. kota Ternate Utara.

Kepala Kepolisian Negara Republik indonesia dalam memaparkan, di tengah Pandemi Covid-19 sudah ada 25.000 anak yang menjadi yatim, piatu, maupun yatim piatu. Bahkan, dari jumlah itu diantaranya ada anak-anak dari personel TNI-Polri yang orang tuanya harus gugur saat berada di garis terdepan menangani virus corona.

“Dalam kesempatan ini kita mendoakan saudara yang gugur dalam menghadapi Pandemi ini. Semoga diberikan tempat terbaik di sisinya dan selalu diterima amal ibadahnya,” ucap Kapolri.

Oleh sebab itu, Kapolri menekankan bahwa dukungan psikososial ini harus dilakukan secara berkelanjutan, dengan melakukan mapping potensi dan bakat anak-anak, kegiatan konseling tatap muka baik secara langsung maupun tidak langsung dengan pemanfaatan teknologi yakni Hotline Center Polri juga pengembangan aplikasi e-psikologi Polri untuk eksternal khususnya konseling anak serta lakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak sehingga sesuai dengan potensi dan bakat yang ada.

Lebih lanjut Kapolri menegaskan, semua niat baik dan dukungan ini berdasarkan azas Salus Populi Suprema Lex Esto atau keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi yang tentunya ini kita lakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

“Polri bersama dengan seluruh pihak yang terlibat memberikan dukungan Psikososial serentak di 34 Provinsi kepada balita, anak-anak, remaja, dan kelompok disabilitas sebanyak 2.333 orang. Yang terdiri dari 2.138 anak-anak, 195 kelompok disabilitas, dan 48 orang tua pendamping. Selain itu, telah dibuka pula layanan konseling psikologis bagi orang tua pendamping” ujar Kapolri

Sementara itu Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H, saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menjelaskan bahwa untuk Wilayah Polda Maluku Utara Pelayanan Psikologi Terhadap Anak Terdampak Covid-19 ini TNI-Polri dan stakeholder terkait memberi layanan bantuan psikologis, konseling dan menyalurkan bantuan sosial (bansos) mulai dari keperluan sekolah, rumah tangga dan kesehatan.

“semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi yang menerima khususnya bagi anak yatim, piatu maupun yatim piatu akibat korban Covid-19” Tutup Kabid.

About Akbar Hariman Polres Ternate

Check Also

Menjadi Irup Hari Pahlawan di SMK 2, Kapolres Ternate Ingatkan Pentingnya Vaksin Covid 19

Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada, S.I.K memimpin upacara Hari Pahlawan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *