Home / INFORMASI TERBARU / Jelang Lebaran, Polres Ternate bersama Instansi Terkait Melaksanakan Rapat Koordinasi Ops Ketupat Kie Raha 2018

Jelang Lebaran, Polres Ternate bersama Instansi Terkait Melaksanakan Rapat Koordinasi Ops Ketupat Kie Raha 2018

Humas Polres Ternate – Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK bersama Dandim 1501/Ternate Letkol Kav. Bambang Sugiarto S.H, M.M, M. Tr(Han),Kabag Ops Polres Ternate AKP. Roy Berman Simangunsong, S.H, S.IK, Kasat Binmas Polres Ternate AKP. Aris, Kasat Narkoba Polres Ternate IPTU Paultri Yustiam, S.IK, Kapolsek Utara IPTU. Ambong Welang, Pasi Ops Kodim Kapten. Asep Hamdi Mulya, Kadis Perhubungan Tamrin Alwi, S. Sos, MM, K.A KSOP Taher Laitupa, Staf ASDP Sevta F.L, Mewakili Kepala ASDP Robby K, Kasie Yankes Primer Dr. Muh. Sajaf, Kasi Perhubungan LaLa Anwar Sahitua, Mewakili Kasatpol PP Kabid Trantibmum Hasan Samal, Para Padal Ops Ketupat Kie Raha 2018 melaksanakan rapat koordinasi Ops Ketupat Kie Raha 2018 dengan Instansi terkait yang bertempat diruang TMCC Polres Ternate Kel. Takoma Kec. Ternate Tengah. (Selasa, 12/6/2018). kemarin

Rapat koordinasi ini dilaksanakan demi melancarkan arus mudik masyarakat menjelang dan setelah selesai Idul Fitri 1439 H.

Dalam kesempatannya, Kapolres Ternate menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh pihak terkait sehingga Polres Ternate dapat bekerja sama dengan stekholder terkait pelayanan pos yang ada di Kota Ternate dan instansi terkait yang ikut bergabung dalam melaksanakan pengamanan di pos-pos pengamanan.

Lanjut, Kapolres Ternate mengatakan titik ramai arus mudik di Kota Ternate antaranya Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Fery, Pelabuhan Semut dan Pelabuhan Bastiong. “Rapat ini agar nanti adanya saran masukan dan kendala kepada kami agar dapat dijadikan evaluasi.” ucap Kapolres.

Tingkatkan Razia Miras pada setiap pelabuhan, ayo kita berantas Miras dan jaga Ternate dari Miras.

Dilain Pihak, Dandim 1501 Ternate menyampaikan pelaksanaan pengamanan ini bukan hanya tugas Polisi saja tetapi tugas kita bersama yang mana kami Anggota TNI juga dapat membantu tugas Kepolisian dalam lingkup Kamtibmas. Dengan bersinegritas kita dapat menangani masalah yang terjadi di lapangan.

KSOP menambahkan dari pihak kesyahbandar juga telah melaksanakan rakor seluruh Indonesia yang bertempat di Jakarta, serta telah dilaksanakan di daerah dengan unsur perhubungan. Kami telah mengantisipasi terjadi peningkatan mulai H-15 yaitu pada tanggal 31 Mei 2018 dan berakhir pada tanggal 1 Juli 2018 H+15.

Telah terjadi peningkatan penumpang di beberapa pelabuhan, dimana animo masyarakat menggunakan angkutan laut meningkat. Kami juga telah memberikan dispensasi 30% untuk kelebihan penumpang dikeranakan begitu banyaknya masyarakat yang melaksanakan mudik. Pihak Syahbandar telah menyiapkan 1 armada Kapal yang route Ternate – Bitung dialihkan untuk route Ternate – Sofifi atau Ternate – Rum, serta route untuk Ternate – Moti – Makian telah kami siapkan 1 armada kapal yang telah di stand by kan di sana jika terjadi peningkatan. Untuk masalah keamanan dan keselamatan dalam pelayaran telah kami siapkan dan tingkatkan serta di tambah dari perlengkapan yang ada.

Dilanjutkan oleh Kadis Perhubungan Kota Ternate yang mengatakan dari pihak perhubungan juga telah melakukan pemantau peningkatan yang telah terjadi pelabuhan di Kota Ternate yang akan meningkat setiap harinya. Dan telah kami laksanakan kerja sama dengan BMKG dalam melakukan pemantauan terhadap cuaca yang tidak menentu setiap 2 jam. Untuk Miras, Pihak Perhubungan telah membentuk Polmas dalam hal menangani masalah masuknya Miras di Kota Ternate.

Tambah, Kabag Ops Polres Ternate mengatakan dari Bagian Oprasioanal Polres Ternate telah menyiapkan 9 Pos Pelayanan dan 7 Pos Pengamanan serta 1 Pos induk, dimana pos sementara hanya dari pihak Kepolisian sendiri yang mana perintah Kapolres Ternate untuk bersinegritas dengan instansi terkait. Dan Polres Ternate juga telah menyiapkan route yang akan dilakukan dalam pelaksanaan pawai obor nanti yang mana ditiap pos bertanggung jawab disaat pelaksanaan pawai obor berlangsung.

¤•• Penyampaian perwakilan ASDP :
… Untuk saat ini kmi telah mempersiapkan 7 armada kapal dalam melayani route yang ada.
… Untuk kepadatan route Bastiong – Rum akan terjadi peningkatan pada hari H seperti tahun sebelumnya khususnya pada pagi dan sore hari.
… Kami juga meminta bantuannya Kadis perhubungan dan Sat Lantas Polres Ternate untuk memantau terjadi titik kemacetan disekitaran pelabuhan.
… Sehubungan adanya demonstrasi dari masyarakat tidak menjadi penghambat tetapi adanya sedikit keterlambatan keberangkatan dan mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan.

Kasie Yankes menyampaikan untuk pelayanan kesehatan telah di bentuk Tim dari Puskesmas yang ada di Kota Ternate untuk menempati pos-pos yang ada khususnya dipelabuhan. Kami memberikan informasi jika terjadi kecelakaan telah kami siapkan UGD 1×24 jam untuk puskesmas rawat inap. Dan untuk Dinas Kesehatan sendiri mulai hari ini tanggal 11 – 20 sudah di stand by kan di pos-pos yang ada.

Di tutup Oleh Kapolres Ternate yang menyampaikan bahwa setiap permasalahan dari hasil rapat ini Polres Ternate berharap kerjasama dari seluruh pihak terkait karena Polri kita tidak bisa bekerja sendiri. Untuk masalah penyebrangan melalui jalur laut pada malam hari diharapkan untuk dapat kita tinjau dengan baik dikarenakan penyebrangan malam ini terkendala dengan jarak pandang. Selain itu, speedboot yang ada beberapa pelabuhan ini tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Polres Ternate serta TNI siap memback-up, dan di harapkan seluruh instansi terkait dapat bekerja sama karena kita ini melaksanakan operasi kemanusiaan agar kita dapat bersinegritas .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *