Home / INFORMASI TERBARU / Hidupkan Malam Lailatul Qadar, Kapolres Ternate Hadiri Tabligh Akbar Oleh Kesultanan Ternate

Hidupkan Malam Lailatul Qadar, Kapolres Ternate Hadiri Tabligh Akbar Oleh Kesultanan Ternate

Humas Polres Ternate – Kepala Kepolisian Resor Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK bersama Dandim 1501/Ternate Letkol Kav. Bambang Sugiarto S.H, M.M, M. Tr(Han), PLT Walikota Ternate H. Abdullah Taher, Pimpinan SKPD Kota Ternate, BaZnas Kota Ternate, Sultan Ternate Syarifudin Syah, Dan Perangkat Adat Kesultanan Ternate menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka Memperingati Malam Lailatul Qadar bertempat di Sigi Lamo Kesultanan Ternate Kel. Soa-Sio Kec. Ternate Tengah. (Selasa, 12/6/2018). tadi malam

Pada Kesempatannya, Sultan Ternate Syarifudin Syah menyampaikan bahwa malam Lailatul Qadar dikenal oleh masyarakat Ternate sebagai malam Ela-Ela dimana masyarakat sangat antusias menyambutnya dengan membakar obor atau lilin di depan rumah masing- masing. Tentunya diharapkan dengan memperingati malam Lailatul Qadar ini dapat mengantarkan kita semua untuk meningkatkan amal ibadah kita dan semoga semua amal kita diterima oleh Allah SWT.

Selain itu juga, kegiatan malam ini adalah sebagai upaya kita untuk menjaga aset budaya adat Kesultanan Ternate yang harus kita pelihara mengingat Malam Ela-Ela bertujuan untuk mempererat tali silahtuhrahmi antara Sultan dan perangkat adat dengan masyarakat maupun dengan sesama perangkat adat serta keluarga kesultanan Ternate.

Dilain pihak, Mufti Kesultanan Ternate Al- Habib Abubakar Bin Hasan Al-athtas Az-Zabidi menyampaikan pesan bahwa acara Malam Ela-Ela ini sudah berumur tua, upacara adat atau ritual ini sudah cukup lama dilaksanakan oleh Kesultanan Ternate Al- Habib Abu Bakar juga menyampaikan bahwa kerajaan ini patut dibanggakan dan kita jaga, bukan sekedar bangga dan jaga Kesultanannya tapi kita bangga dan jaga ke-Islamannya, karena Kesultanan Ternate tidak bisa lepas dari sejarah masuknya Islam di Indonesia.

Semua Sultan harus didampingi oleh Mufti dan itu bukan hal yang baru dalam Kesultanan Ternate. Peran Mufti sangat penting dan dihormati mengingat Mufti adalah penasehat utama bagi Sultan dan keluarga Kesultanan Ternate maupun masyarakat.

Seorang Sultan harus mampu berkerja sama dengan masyarakat dan menghormati orang tua. Hargai dan hormatilah orang yang lebih tua sebab itu merupakan suatu tradisi silahturahmi yang sangat baik. Mudah mudahan di malam Lailatul Qadar ini Allah SWT memberikan keberkahan bagi kita semua dan keluarga Kesultanan Ternate.

Habib mengajak seluruh Keluarga Sultan, Perangkat Adat dan Masyarakat Ternate untuk senantiasa menjaga Marwah dan Martabat Kesultanan Ternate yang sudah dibangun dengan susah payah oleh leluhur kita bahkan dengan berkorban nyawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *