Home / INFORMASI TERBARU / Gerakan Menaman 1000 Pohon Lestarikan Alam Untuk Air

Gerakan Menaman 1000 Pohon Lestarikan Alam Untuk Air

Kamis tanggal 22 Maret 2018 Pukul 10.30 WIT bertempat Lokasi Kel. Loto Kec. Ternate Barat telah di laksanakan kegiatan penanaman 200 ( dua Ratus ) Pohon dalam mengsukseskan Gerakan Menaman 1000 ( seribu Pohon ) lestarikan alam untuk air dalam rangka memperingati Hari Air dunia XXVI oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Maluku Utara.

Turut hadir dalam giat diantaranya sbb:
▪》 Plt Walikota ternate Bpk. Abdullah Taher
▪》 Dandim 1501 ternate Letkol Infantri Abdul Rojak rangputih
▪》 Kapolsek Pulau Ternate Iptu Lamasa
▪》 Kepala Balai wilayah sungai maluku utara Bpk. Ir. Hi. Abdul Muis MT
▪》 kepala satker PBL
▪》 kepala dinas Kehutanan Pronvinsi maluku utara
▪》 ketua komunitas Peduli sungai Maluku utara

Adapun susunan acara sbb:
▪》Pembukaan
▪》Laporan Ketua Panitia
▪》Sambutan Kelapa Balai wilayah sungai Maluku Utara
▪》Sambutan Plt Walikota Ternate sekaligus membuka acara Penanaman Dengan Resmi.
▪》 Penanaman Pohon secara Serentak
▪》 Pembacaan doa

Sambutan Ketua Panitia Bpk. Indra Kurniawan ST. Msc. diantaranya :
▪》Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada sidang umum PBB ke 47 tanggal 22 Maret 1992 di Rio De Janeiro Brasil.
▪》 Hari Air Sedunia ( Wort Day For Water) adalah perayaan yang di tujukan sebagai usaha menarik perhatian masyarakat akan pentingnya air dan usaha peningkatan pemahaman akan pentingnya pengelilahan sumber daya air yang berkelanjutan.
▪》 solusi berbasis alam memiliki potensi untuk mengatasi banyak tantangan air kita. Kita perlu melakukan lebih banyak lagi infrastuktur hijau dan menyelaraskan kembali sungai dataran banjir dan memulihkan lahan basah akan menyeimbangkan siklus air dan memperbaiki kesehatan manusia dan mata pencaharian. Untuk itu maka salah satu aksi yang akan kita lakukan hari ini adalah penanaman 1000 pohon yang dipusatkan di sepadan sungai loto.

Sambutan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara Bpk. Ir. Hi. Abdul Muis .MT diantaranya :
▪》Setiap tahunnya Hari air sedunia di peringati dengan menyoroti tema Khusus, adapun tema Khusus tahun 2018 “Nature For water” ( lestarikan alam untuk air). Peringatan Hari air se dunia ke XXVI ini di maksud untuk meningkatkan kepedulian kita dalam melestarikan alam sebagai sebuah solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan air, baik itu banjir, kekeringan maupun kelestarian alam di hulu sungai.
▪》 Tantangan-tantangan yang kita hadapi dalam permasalahan air tidaklah mudah. Saat ini kelangkaan air bersih berdampak Pada 2 ( dua) Miliar orang di seluruh dunia dimana dengan pertumbuhan populasi penduduk yang sangat cepat, kebutuhan air akan bertambah sepertinya pada tahun 2050 selain itu, perubahan iklim merupakan salah satu tantangan dalam penyedian air baku.
▪》Adapun untuk menjawab tantangan tersebut, kementrian PUPR melalui Direktorat Jenderal SDA telah melakukan peningkatan penyediaan air baku yang di iringi dengan pengendalian pemanfaatan air tanah.

Sambutan PLt walikota ternate bpk. Abdullah Taher diantaranya :
▪》Hari Air Sedunia yang di peringati setiap tanggal 22 Maret merupakan peristiwa yang mengiatkan kita agar dapat memanfaatkan air secara efisien, sehingga kelestariannya dapat terpelihara sebaik mungkin. Semoga kegiatan ini tidak hanya bersifat ceremonial saja, akan tetapi yang lebih penting mampu memotivasi kita untuk melakukan tindakan kontrit dan berbuat nyata untuk menjaga dan melestarikan air.
▪》 dalam kesempatan ini pula, saya perlu sampaikan bahwa pada beberapa waktu lalu di kota ternate ada beberapa tempat telah terjadi bencana banjir dan tanah lonsor. Bencana ini terutama di sebabkan oleh penggunaan lahan yang tidak tepat, dimana lahan-lahan yang se harusnya berfungsi lindung di gunakan sebagai lahan pemukiman hal ini menyebabkan hilangnya kemampuan lahan yang berfungsi lindung untuk menyimpan dan mengatur tata air tanah.
▪》 oleh itu saya memintah kepada semua pihak untuk menjaga lahan yang berfungsi lindung seperti hutan lindung daerah resapan air daerah rawan bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *