Home / INFORMASI TERBARU / Amankan Pemilu 2019, Polres Ternate Gelar Bimbingan Teknis Pam TPS dan Pungut Hitung Suara

Amankan Pemilu 2019, Polres Ternate Gelar Bimbingan Teknis Pam TPS dan Pungut Hitung Suara

Ternate.malut.polri.go.id – Ternate . H-4 Menjelang Pencoblosan pada pemilu 2019, Polres Ternate menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dipimpin oleh Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK bertempat di aula Kantor Walikota Ternate hari Sabtu,(13/4/19) pukul 09.00 wit.

Kegiatan bimtek ini diikuti oleh PJU Polres Ternate, Personil Polres Ternate yang terlibat pengamanan TPS dan Ketua KPU Kota Ternate Ismed Sahupala, SE .

Kegiatan diawali dengan pemberian materi oleh Ketua KPU Kota Ternate Ismed Sahupala, SE .

Kemudian ditambahkan oleh Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK yang menegaskan bahwa Petugas Polri yang terlibat pada pengamanan TPS tidak diperkenankan melakukan pencatatan hasil pemilu, tidak diperkenangankan melakukan dukumentasi dan tidak diperkenangkan masuk ke dalam lokasi pemungutan suara kecuali ada permintaan dari petugas TPS jika terjadi keadaan darurat yang membutuhkan tindakan cepat.

“Antisipasi setiap kerawanan yang sewaktu-waktu bisa muncul karena setiap Kelurahan memiliki potensi kerawanan yang berbeda,” tutur Kapolres.

Kapolres juga menekankan kepada Petugas dilapangan agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya guna mengatasi gangguan Kamtibmas secara cepat dan tepat dengan harapan masyarakat dapat menyalurkan aspirasi pilihannya tanpa adanya unsur tekanan dari pihak manapun.

“Kegiatan bimbingan teknis ini diberikan sebagai bekal pengetahuan yang bertujuan menyamakan persepsi terkait mekanisme pada tahapan pemungutan suara sehingga proses demokrasi ini berjalan dengan aman, damai dan tertib,” tutupnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan deng tanya jawab dan somulasi pengamanan TPS yang dipandu langsung oleh Kapolres Ternate. (ds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *